Sponsored Link
Sepak terjang Samsung di jagat smartphone bisa dibilang 'mencekam'. Ya, sudah bukan rahasia jika produsen smartphone asal Korea Selatan itu mampu menguasai pasar gadget dunia selama beberapa tahun terakhir.
Akan tetapi, langkahnya masih seringkali terganjal dengan 'musuh bebuyutannya' yakni Apple. Di Jepang, misalnya Samsung masih kalah pamor dengan iPhone.
Pangsa pasar Samsung merosot cukup tajam di Negeri Sakura pada kuartal terakhir. Tentu hal ini mencoreng prestasi gemilang perusahaan di kancah internasional. Bagaimana tidak, selama empat kuartal berturut-turut penjualan smartphone-nya tidak mencetak skor yang memuaskan di negara tersebut.
Selama kuartal keempat, Samsung hanya berhasil menjual perangkatnya sebanyak satu juta unit di Jepang. Jumlah itu hanya mencapai seperempat dari total penjualan iPhone.
Rupanya, tahun lalu juga suksesor Galaxy Note 3 itu juga hanya mampu menjual 1,9 juta unit perangkat di Jepang. Jika dilihat dari hasil penjualan per kuartal selama 2013, penjualan Samsung diketahui semakin lesu yakni 1,4 juta, 1,3 juta, dan kini hanya satu juta unit.
Sekadar informasi, tahun ini Samsung menduduki urutan keempat di pasar smartphone Jepang. Sementara, Sony berhasil menyalip ke peringkat kedua dengan total pangsa sekira 18,9 persen atau 1,9 juta unit smartphone yang berhasil terjual. Dan tentu saja, yang menduduki peringkat terwahid adalah Apple dengan pangsa sebesar 38,1 persen atau sekira 3,8 juta unit.
Sumber: The Korea Herald